Sapi untuk kurban (Foto: Elitha Evinora Tarigan/ THE EDITOR)

KABBA – Perayaan Idul Adha tinggal menunggu hari saja. Dalam kalender Masehi, hari raya kurban ini jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 nanti. Di perkotaan, hewan kurban biasa dijual di pinggir jalan, namun tidak di pedesaan. Sapi-sapi semacam ini biasanya lebih lezat karena tidak perlu merasakan stres.

Di Desa Kabba, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan misalnya, masyarakat tetap antusias untuk melaksanakan kurban hewan. Mereka mendatangi pekarangan milik warga untuk mencari hewan-hewan yang mereka butuhkan.

Pemandangan ini tentu tidak lazim diperkotaan dimana hewan kurban seperti kambing dijajakan di sepanjang jalan raya dimana kendaraan roda dua, roda empat dan lebih lalu lalang sepanjang hari.

Sementara di desa ini tiap orang dari berbagai kalangan akan mencari keluarga-keluarga yang mau menjual hewan peliharaan mereka di hari raya kurban ini. Sapi dan kambing adalah contoh hewan yang paling banyak dijadikan sebagai hewan kurban.

Yang menarik lagi, keluarga kalangan atas yang tinggal di desa tempat perusahaan semen tonasa I beroperasi ini ternyata langsung turun ke rumah-rumah warga untuk melihat hewan kurban yang mereka pesan. Sapi yang telah memiliki bobot diatas 80 kilogram menjadi sasaran utama pembeli.

Sapi-sapi ini diternakkan bebas, makanan sehari-hari mereka juga rumput segar yang tumbuh di lahan. Jadi jangan heran bila daging sapi di desa ini sangat bagus.

Rata-rata sapi berukuran diatas 80 kilogram di desa ini dihargai Rp12.000.000. Untuk Anda yang tinggal di Sulawesi Selatan tak ada salahnya untuk mampir di Desa Kabba mencari hewan kurban untuk Idul Adha nanti.

Leave a Reply

  • (not be published)