SLOVENIA – Kenapa perlu mencoba madu saat anda berwisata ke Ljubljana, Slovenia?

Pemandangan dari salah satu jembatan di Kota Ljubljana, Slovenia. Foto dengan view gereja ini biasanya dijadikan sebagai kartu pos. Jangan lupa singgah dan menikmati pemandangan cantik dari sini (Foto: Elitha Evinora Tarigan/ THE EDITOR)

Di kota ini setiap toko menjual madu dan wine dalam satu paket kemasan. Berbagai macam rasa madu bisa dicoba, seperti cemara perak, chesnut, melon dan berbagai macam bunga.

Tak hanya itu, madu juga dijual dalam kemasan botol kaca dengan ukuran paling kecil. Tujuannya agar bisa dijadikan sebagai souvenir. Ukuran yang tersedia adalah 50 gram dengan 2.20 euro hingga yang berukuran 700 gram dengan harga 14.55 gram. Semuanya diolah secara tradisional, mengingat negara ini memang sengaja mendirikan asosiasi khusus untuk melindungi pengolahan madu tradisional yang telah bertahan ratusan tahun.

Selain madu, Ljubljana juga terkenal dengan produksi wine lokal mereka. Kalau anda tidak memiliki waktu untuk ikut kelas wine testing saya sarankan untuk mencoba di toko saja. Wine disajikan dengan kemasan botol atraktif. Kebanyakan diantaranya berbentuk lonjong dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Leave a Reply

  • (not be published)