VATIKAN – Desainnya dituntut harus sangat signifikan dan mengesankan. Ada lima pintu di dalam gereja. Diantaranya:

1. Pintu Kematian yang digunakan secara eksklusif oleh ruang pemakaman paus.
2. Pintu Kebaikan dan Jahat
3. Pintu Tengah terbuat dari perunggu oleh pematung Florentino
4. Pintu Sakramen
5. Pintu Suci yang hanya dibuka oleh Paus pada tahun-tahun suci

Salah satu bagian kecil dari Basilika Santo Petrus (Foto: Elitha Evinora Tarigan)

Interior gereja ini seperti museum dan menampung beberapa karya seni paling terkenal sepanjang masa. Semuanya merupakan bagian dari desain interior yang kompleks.

Basilika ini memiliki tiga bagian utama, yang di tengah adalah yang terbesar dan memiliki langit-langit kubah. Pilar yang menopangnya memiliki relung yang berisi pahatan para pendirinya, semuanya berjumlah 39 buah.

Di bagian tengah, anda dapat melihat patung perunggu Santo Petrus dari abad ke-13 yang dibuat oleh Arnolfo di Cambio. Ini adalah salah satu fitur paling ikonik dari basilika, jadi bersiaplah untuk mengantri saat hendak melihatnya.

Di setiap kapel yang berbeda, terdapat monumen dan patung pemakaman oleh seniman terkenal dunia. Jangan lewatkan bagian tengah kanan tempat anda dapat melihat ‘The Pity’ yang dipahat dari marmer oleh Michelangelo antara tahun 1498 dan 1499. Patung ini adalah salah satu karya paling luar biasa yang pernah ada di dunia.

Pastikan anda juga meluangkan waktu untuk merenung dan merasakan ketenangan dan kelembutan dari patung Santa Perawan Maria yang tengah memeluk jenazah Kristus di pelukannya.

Sebuah kubah besar menghiasi seluruh bagian dalam bangunan. Terlepas dari ukurannya, kubah basilika ini tampak melayang di udara. Tingginya lebih dari 135 meter dan ditutupi dengan mosaik yang membuat mata anda selalu ingin melihat ke atas dan melihat lebih dekat ke setiap ukiran dan lukisan disana.

Jika Anda memutuskan untuk naik ke atas kubah, Anda akan dihadiahi pemandangan Alun-Alun gereja Santo Petrus yang tak terkalahkan.

Leave a Reply

  • (not be published)