Bawang merah asal Kendal, Jawa Tengah (Foto: Dokumen Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian)

KENDAL – Bawang merah asal Kendal, Jawa Tengah memasuki masa panen. Dalam waktu dekat diklaim harga komoditi tersebut dapat turun hingga Rp30.000 ribuan per kilogram.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya harga bawang merah diseluruh wilayah Indonesia tembus hingga Rp50.000 per kilogram. Tentu saja harga semahal ini mengundang tanya masyarakat.

“Panen raya bawang merah di Kendal sekitar 2-3 Minggu ke depan,” ujar Kepala Bidang Distribusi Pangan Badan Ketahanan Pangan Inti Pertiwi Nashwari saat berbincang dengan The Editor, Sabtu (4/7).

Jenis bawang merah yang akan panen nanti menurut Inti adalah tipe grade A yang akan dilepas ke konsumen dengan harga Rp38.000 per kilogram, bawang putih grade B dengan harga Rp34.000 per kilogram dan bawang putih grade C dengan harga Rp30.000 per kilogram.

Tak hanya Kendal, lanjutnya, beberapa hari sebelumnya bawang merah asal Jepara juga memasuki masa panen, 20 ton diantaranya telah di distribusikan ke Sumatera Selatan untuk memenuhi kebutuhan pasar disana. Ia berharap dengan dimulainya masa panen ini harga bawang merah berangsur turun dan mulai normal.

Berikut rencana subsidi distribusi bawang merah di Indonesia: 25 ton bawang merah asal Enrekang akan dikirim ke Ambon, 20 ton lagi juga akan dikirim dari Enrekang ke Maluku Utara dan Papua Barat, serta 7 ton lainnya akan dikirim masih dari Enrekang ke Gorontalo, Sulawesi Utara dan Sulawesi Barat.

Kemudian, rencananya pengiriman bawang merah dari Temanggung ke Banda Aceh dan Bengkulu mencapai mencapai 7 ton. Kemudian akan dikirim juga 7 ton bawang merah dari Bima ke Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Bali dan Kalimantan Selatan. Terakhir, 25 ton akan dikirim dari Bima ke Jayapura.

Sementara itu, harga jual bawang merah di petani Tanah Karo untuk kualitas super adalah Rp15.000 per kilogram. Selanjutnya harga jual komoditi ini setelah tiba di Pasar Roga Berastagi, Tanah Karo, Sumatera Utara untuk dijual kembali ke konsumen adalah Rp38.500 per kilogram.

Kemudian, di Madiun, Jawa Timur sendiri harga bawang merah sudah berangsur turun. Sekarang penjual dapat menawarkan komoditi ini seharga Rp30.000 per kilogram.

Leave a Reply

  • (not be published)