Rantai kuba yang baru selesai dikerjakan oleh pengrajin perhiasan di Miami (Foto: THE EDITOR)

MIAMI – Para rapper di dunia selalu terlihat memakai rantai kuba kemanapun mereka pergi. Tak hanya di gelang, rantai ini juga kerap dipakai sebagai kalung, pengikat dompet hingga anting. Ukuran rantai kuba yang dipakai para artis di dunia terkadang tidak masuk akal. Dan ternyata kalung ini adalah simbol kemewahan.

Business Insider mengatakan bahwa sebuah kalung rantai kuba yang terbuat dari emas 18 karat bernilai hingga 27.000 dolar atau setara dengan Rp385.688.250. Harga ini memang tak lazim karena rantai kuba lebih mahal harganya dibandingkan dengan permata.

Salah satu penyebab mengapa rantai kuba sangat mahal adalah karena teknik pembuatannya yang sulit. Seorang pembuat kalung kuba harus memiliki keahlian lima kali lebih tinggi dari pembuat perhiasan profesional. Dan dibutuhkan waktu hingga 12 jam tanpa henti untuk membuat satu kalung saja. Selanjutnya, kalung yang sudah jadi akan digosok dengan teknik manual mengggunakan tangan.

Untuk diketahui, kalung ini tidak berasal dari negara Kuba. Pada tahun 70 dan 80-an, kalung ini mulai populer karena dipakai oleh para rapper dan akhirnya menjadi sangat terkenal dikalangan para rapper dan artis hip-hop di Amerika Serikat.

Tidak semua kalung kuba sama harga dan nilainya. Bila diproduksi dengan menggunakan mesin maka harganya akan berkurang. Negara yang biasa menjual kalung seperti ini adalah Amerika Serikat, Italia dan China. Namun, bila ingin kalung yang bernar-benar asli buatan tangan dan otentik hanya dijual dibeberapa toko di Miami.

“Semua kalung kuba yang dijual dari harga 50.000 dolar, 80.000 dolar hingga 100.000 dolar harus dibuat dengan tangan,” ungkap salah satu penjaga toko di Miami.

Harga kalung ini setara dengan satu unit mobil mewah merek Ferrari. Keahlian para tukang pembuat perhiasan di Miami memang tidak diragukan karena untuk membuat kalung ini mereka harus berjibaku dengan panasnya api yang membakar emas jadi batangan kecil sesuai ukuran pemesan. Karena dilakukan secara manual, maka tukang emas ini harus tahan berdiri dengan alat pembakar di tangannya.

“Untuk meratakannya saja butuh waktu 1 jam,” ujar Chino, salah satu pengrajin rantai kuba di Miami.

Ia yang tengah bekerja menunjukkan menunjukkan bekas-bekas emas hitam yang terlihat seperti bekas arang di kedua tangannya.

Emas hitam yang terlihat seperti kawat berukuran besar diubah jadi lingkaran berdiameter 0,5 cm. Satu per satu lingkaran kawat sebesar cincin dibuat dari kawat emas tersebut. Setelah dikumpulkan maka proses selanjutnya adalah memotong cincin agar bisa dikaitkan satu sama lain.

Semua proses ini dilakukan saat kawat dan cincin emas dalam kondisi panas. Lama tidaknya pengerjaan tergantung ukuran diameter masing-masing cincin yang terikat satu sama lain seperti rantai yang dipipihkan.

“Suhunya harus tepat, bila terlalu panas maka emas akan meleleh dan harus dimulai lagi dari awal,” jelasnya.

Saat ini harga 1 ons emas mencapai 1.700 dolar. Dan campuran lain yang akan disatukan dalam pembuatan kalung kuba ini adalah emas putih, logam putih seperti seng, perak dan nikel. Campuran ini semua yang membuat kalung kuba bisa dibentuk sepert rantai.

Ukuran campuran bahan-bahan ini juga harus presisi karena akan berpengaruh pada hasil akhir. Bila tidak berhasil maka proses pencairan ke bentuk semula harus kembali dilakukan.

Saat ini hampir semua rapper, artis hip hop dan artis regae menjadikan kalung ini sebagai status. Rolex adalah padanan yang paling sering ditunjukkan di setiap foto-foto artis yang beredar. Daddy Yankee misalnya memulai debutnya sebagai penyanyi dengan memakai kalung kuba seberat 10 kilo. Di tahun sebelumnya di tahun 2012 lalu Jay-Z memakai kalung kuba senilai 200.000 dolar.

Leave a Reply

  • (not be published)