Airbus Helicopters (Foto: GQ/THE EDITORS)

JAKARTA – Pernah ingin memiliki helikopter sendiri, sehingga Anda dapat terbang dari negara asal Anda untuk bekerja 100 mil jauhnya tanpa macet? Kini, setiap orang bisa memiliki helikopter pribadi karena mesin yang di desain lebih efisien dengan mesin yang mampu mengeluarkan suara yang tidak bising. Bahkan kursi pilot juga disediakan dengan kokpit kaca yang canggih agar bisa terbang tanpa gangguan.

Nah, bila Anda berencana membeli helikopter, berikut hal-hal yang harus dipahami dan tidak boleh salah sebelum pergi ke show room. Apa saja itu:

1. Putuskan apakah Anda ingin terbang sendiri atau diterbangkan

GQ mengungkapkan bahwa pemilik helikopter cenderung menjadi pilot, seperti halnya mobil. Bila helikopter yang Anda beli berukuran besar maka Anda membutuhkan pilot profesional yang mampu menerbangkan mereka ke tujuan yang diinginkan.

2. Bila ingin menerbangkan sendiri helikopter tersebut maka pastikan Anda segeralah daftarkan diri Anda di sekolah penerbangan.

Anda harus memiliki private pilot license (PPL) bila ingin menerbangkan sendiri helikopter Anda. Dibutuhkan 45 jam pelatihan yang membutuhkan waktu hingga 12 bulan untuk menyelesaikannya.

3. Pilihlah helikopter yang cocok dengan Anda

Helikopter yang banyak diminati adalah yang memiliki bentuk dinamis dengan dua kursi serta kabin yang terpisah dengan kokpit. Helikopter ini bentuknya lebih pribadi karena saat dilengkapi dengan pilot profesional maka Anda tinggal datang dan duduk maka semua akan dibereskan oleh pilot.

Tapi, bila Anda senang bepergian dalam bentuk rombongan, maka Anda akan lebih memilih membeli helikopter dengan kapasitas kursi lebih banyak. Semua terserah selera Anda.

4. Tentukan seberapa jauh Anda ingin bepergian

Helikopter yang kecil harganya lebih murah dan terbatas muatannya. Saat Anda tahu jarak tempuh yang ingin dilalui dengan helikopter impian Anda, maka akan lebih mudah mengatur jumlah bahan bakar yang akan dipakai lewat muatan yang dibawa. Jadi, Anda tidak perlu panik saat terbang ke daerah-daerah yang berada cukup jauh dari tempat pengisian bahan bakar.

5. Pilih interior helikopter favorit Anda

Interior helikopter adalah cerminan cara Anda akan memperlakukan pesawat tersebut. Ada pelanggan yang tidak terlalu tertarik dengan karpet dan lantai dengan peralatan logam. Padahal di saat musim dingin dua item ini sangat praktis karena akan tetap menjaga kebersihan helikopter Anda.

Saat ini, helikopter banyak menawarkan kursi yang menggunakan kulit suede berwarna krem. Meski praktis, namun warna ini tidak bertahan lama karena lama-lama akan berubah menjadi hitam.

6. Untuk apa helikopter ini dibeli?

Pastikan Anda memiliki ruang yang luas untuk helikopter ini mendarat. Banyak orang yang tinggal di tepi pantai memiliki helikopter untuk mengantarkan mereka ke tempat kerja yang jauh.

Jadi, pemahaman akan penggunaan helikopter ini akan membantu penghematan biaya pengeluaran untuk mendarat atau parkir pesawat.

Leave a Reply

  • (not be published)