ARAB SAUDI – Akibat Corona, Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengurangi jumlah jumlah Jemaah Haji dan Jemaah Umrah di tahun 2020 ini.

Sepi akibat corona (Sumber Foto: Getty Images)

Dalam keterangan yang disampaikan lewat Saudi Press Agency, Kementerian Arab Saudi mengatakan pihaknya mengikuti perkembangan virus corona diseluruh dunia. Dimana diketahui, kematian akibat Covid-19 telah mencapai hampir setengah juta kasus dan lebih dari 7 juta kasus telah dikonfirmasi secara global.

“Oleh karena itu, Kementerian Arab Saudi akan mengurangi dampak pandemi ini karena minimnya vaksin dan obat yang tersedia bagi mereka yang telah terinfeksi Covid-19 di seluruh dunia. Dan pengurangan ini juga untuk menjaga keamanan kesehatan masyarakat global,” ungkapnya, Rabu (24/6).

Dikatakan juga bahwa, membatasi jumlah jemaah haji dan jemaah umrah seperti ini akan mengurangi resiko berkembangnya penyakit dan infeksi yang mudah menyebar saat terjadi kerumunan yang padat. Ditambah lagi sangat sulit menjaga jarak sosial yang aman diantara individu saat berkumpul.

Prioritas utama Kerajaan Arab Saudi adalah menyediakan tempat yang aman dan tertib bagi jemaah untuk berziarah. Tindakan pencegahan ini juga dilakukan untuk peziarah yang sudah tiba di lokasi-lokasi suci umat Islam.

Keputusan ini telah disetujui oleh organisasi Islam internasional dan disebut sebagai salah salah satu kontribusi yang sangat penting bagi penyebaran virus corona. Dimana peziarah yang datang dari seluruh dunia berpotensi menyebarkan Covid-19 ke berbagai negara antar sesama jemaah.

“Telah diputuskan bahwa haji untuk tahun ini (1441 H / 2020 AD) akan diadakan dengan jumlah jamaah yang sangat terbatas, yakni dari berbagai negara yang telah tinggal di Arab Saudi dapat melaksanakan pilgrim,”.

Keputusan ini diambil untuk memastikan haji dilakukan dengan cara yang aman dan mengikuti standar keamanan yang telah ditetapkan. Sementara itu jemaah juga diminta untuk mengikuti protokol jarak sosial yang telah ditetapkan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam ajaran Islam.

“Kami meminta kepada Allah SWT melindungi semua negara dari pandemi ini dan menjaga agar setiap orang tetap aman dan terlindungi,” pungkasnya.

Leave a Reply

  • (not be published)