Pesawat Airbus A220 dengan desain pesawat pribadi (Foto: Business Insider)

JAKARTA – Desain interior pesawat untuk kelas bisnis ini dibuat senyaman mungkin sehingga membuat penumpang betah berlama-lama tinggal dalam pesawat di rute penerbangan jarak jauh. Pesawat kelas bisnis ini mampu menampung puluhan penumpang dan kamar tidur yang nyaman.

Sementara itu, untuk kelas ekonomi, desain interior pesawat ini dapat menampung hingga 130 penumpang. Salah satu pembeli yang masuk dalam daftar tunggu Airbus adalah maskapai Jet Blue.

Di Bulan Mei 2020 lalu, CEO Jet Blue, Robin Hayes mengatakan bahwa pesawat Airbus dengan tipe A220 diperkirakan mampu melayani jalur super sibuk dengan frekuensi tinggi. Diantaranya rute penerbangan antara Boston dan Washington Reagan National. Sayangnya, uji coba ini harus dihentikan karena serangan Covid-19 yang hingga saat ini belum bisa berhenti, maka rute penerbangan yang seharusnya dilalui oleh pesawat ini harus dipotong.

Saat ini, Jet Blue baru bisa mengoperasikan pesawat Airbus dengan tipe A220 sebanyak 5 kali dalam sehari untuk rute penerbangan Boston dan Baltimore/Washington. Sementara itu untuk rute Philadelphia mencapai 8 kali sehari dan rute Washington Nation 15 kali dalam sehari.

Jet Blue telah memesan 70 unit pesawat Airbus tipe A220-300 yang sebelumnya dikenal dengan nama Bombardier CS300. Pesawat-pesawat itu akan menggantikan 60 pesawat Embraer E190 milik maskapai Jet Blue. Hal ini dipastikan terjadi pada tahun 2025 mendatang. Pesawat Airbus A220 akan ditata sesuai dengan kebutuhan Jet Blue, yakni berkapasitas 130 penumpang.

Leave a Reply

  • (not be published)