JAKARTA – A380 adalah pesawat komersil terbesar di dunia yang di produksi oleh Airbus. Pesawat ini memberikan kenyamanan dalam penerbangan karena didukung oleh empat Engine Alliance GP7200 atau turbofans Rolls-Royce Trent 900 yang menyediakan kisaran 8.000 nmi (14.800 km).

Pesawat Emirates dengan tipe Airbus A380-800 akan mendarat di Bandara Dubai di Dubai, Uni Emirat Arab, 26 Desember 2018 (Foto: Reuters/ THE EDITOR)

Penelitian tentang proyek A380 dimulai sejak tahun 1988, tujuannya tak lain adalah untuk mengalahkan dominasi pesawat Boeing 747 yang marak di pasar penerbangan internasional.

A380 kadang dijuluki sebagai pesawat super jumbo karena memiliki kapasitas hingga 525 tempat duduk. Tapi dalam sertifikat resminya pesawat jenis ini mampu memuat hingga 853 orang penumpang.

Dalam situs resminya di airbus.com disebutkan bahwa Airbus A380 adalah pesawat penumpang terbesar dan terluas di dunia dengan kabin yang memungkinkan penumpang untuk berbaring di kursi dengan tenang dan santai. Penumpang juga diberi kebebasan bergerak saat berada di dalam pesawat, jadi tidak mengherankan jika A380 adalah favorit di semua kelas kabin.

Untuk diketahui, Airbus merupakan sebuah perusahaan Multinasional Aerospace Eropa. Pada tahun 2019, Airbus menjadi produsen pesawat terbesar di dunia dengan pesanan pesawat terbanyak. Airbus terdaftar resmi di Belanda dengan saham yang diperdagangkan di Perancis, Jerman dan Spanyol.

Airbus merancang, memproduksi dan menjual produk-produk kedirgantaraan sipil dan militer di seluruh dunia dan memproduksi pesawat terbang di Uni Eropa dan berbagai negara lainnya.

Perusahaan ini memiliki tiga divisi yaitu pesawat komersial, pertahanan dan helikopter. Untuk helikopter, Airbus merupakan perusahaan ketiga di dunia yang mampu memproduksi dan mengirim helikopter turbin di dunia.

Dengan mesin secanggih ini, Airbus 380 mampu membawa penumpang terbang nyaman meski harus menempuh jarak jauh. Dengan kursi yang nyaman, kamar mandi pribadi yang mewah dan pengalaman terbang kelas satu, A380 jadi pilihan penerbangan komersil yang paling disukai karena pesawat tipe ini dinilai menguntungkan dari sisi ekonomi maupun bisnis.

Pesawat Airbus A380 kelas bisnis (Sumber Foto: Airbus.com)

A380 juga dilengkapi dengan suite kelas satu yang trendi, bar atau area bisnis yang menarik, pencahayaan kabin yang indah dan kabin paling tenang.

Ditambah dengan teknologi canggih yang mampu memasok oksigen, maka penumpang diyakini akan siap beraktivitas saat mendarat di tempat tujuan meski telah menempuh perjalanan berjam-jam.

Untuk penggemar jetliner bertingkat dua yang ikonik, Airbus telah meluncurkan www.iflyA380.com – asisten pemesanan yang inovatif di mana para pelancong dapat menelusuri semua penerbangan, tujuan dan maskapai A380 yang mengoperasikan pesawat ini dalam armada mereka.

Perusahaan pesawat terbang Airbus berbasis di Blagnac, Prancis, pinggiran kota Toulouse, dengan fasilitas produksi dan manufaktur yang sebagian besarnya berada di Eropa seperti Prancis, Jerman, Spanyol, Inggris. Selebihnya ada di China, Amerika Serikat dan Kanada.

Produksi perakitan akhir Airbus berbasis di kota Toulouse, Prancis; kota Hamburg, Jerman; kota Seville, Spanyol; kota Tianjin, Cina; kota Mobile, Amerika Serikat; dan kota Montreal, Kanada.

Perusahaan ini memproduksi dan memasarkan pesawat digital fly-by-wire pertama yang layak secara komersial bernama Airbus A320 serta pesawat penumpang terbesar di dunia A380.

Leave a Reply

  • (not be published)