Salah satu onsen di nagano yang kerp juga dipakai oleh monyet-monyet liar untuk berendam (Japan Magazine)

JEPANG – Jepang adalah salah satu negara yang menggunakan fasilitas panas bumi alias geotermal dalam keseharian mereka. Jadi tak heran, dibeberapa tempat di Jepang turis dapat dengan mudah menemukan tempat pemandian umum.

Berikut beberapa daerah yang terkenal dengan onsennya yang dapat anda kunjungi saat berada di Jepang:

1. Prefektur Akita

Untuk anda yang suka menikmati pemandian di ruang terbuka dengan udara yang segar, maka anda dipersilahkan berkunjung ke Prefektur Akita. Kenapa onsen disini sangat terkenal? Karena onsen ini diairi oleh mata air panas yang berasal dari tahun 1600-an.

Warga yang tinggal di prefektur ini percaya bahwa mata air panas disini bisa menyembuhkan penyakit. Bahkan legenda menyebutkan bahwa seorang pemburu yang tengah menyaksikan seekor tsuru (bangau) yang terluka dan mampu menyembuhkan lukanya saat masuk ke dalam mata air panas di tempat ini.

Turis dapat menemukan banyak penginapan saat berkunjung kesini. Ada yang menawarkan kemewahan bak hotel bintang 5 namun ada juga yang biasa-biasa saja. Semakin tradisional biasanya semakin mahal, jadi bisa disesuaikan dengan isi kantong anda.

Onsen disini biasanya juga sangat ramai dikunjungi saat musim dingin. Pengunjung datang menikmati hangatnya onsen di tengah tumpukan salju yang tebal dan lembut. Suhu disini biasanya bisa mencapai -21 derajad, namun tak perlu khawatir karena setiap hotel akan menyediakan onsen pribadi yang dekat dengan ruangan.

Sangat direkomendasikan untuk menikmati onsen di pukul 5 pagi karena tamu-tamu lainnya tengah tidur lelap namun anda bisa menikmati onsen umum hotel layaknya pemandian umum pribadi.

Untuk mencapai prefektur ini cukup mudah, yakni dengan menaiki kereta shinkansen selama 3 jam dari Tokyo menuju Danau Tazawa. Setibanya disana perjalanan dilanjutkan dengan menaiki bus umum selama 30 menit dan kemudian naik mobil yang disediakan oleh masing-masing penginapan.

Jadi, baiknya menghubungi hotel dan penginapan sebelum berkunjung ke lokasi pemandian.

2. Prefektur Nagano

Nagano merupakan salah satu surga onsen yang tidak bisa diabaikan bila tengah berada di Jepang. Saat musim semi, prefektur dipenuhi pohon mapple ini akan dipenuhi dengan bunga warna-warni. Pohon mapple mengeluarkan beragam warna bunga mulai dari kuning, orange dan merah.

Selain pemandangannya yang spektakuler, Nagano juga terkenal dengan wisata kulinernya. Meski terletak jauh di pegunungan, namun pemilik hotel dan penginapan tetap menyajikan sushi dan sashimi berkualitas tinggi.

Tempat ini juga terkenal dengan kue mochi dan bubur. Jadi saat berkunjung jangan lupa untuk mencobanya.

Untuk menuju tempat ini anda tinggal menumpangi kereta cepat shinkansen selama 3 jam dari Tokyo menuju Stasiun JR Matsumoto. Selanjutnya anda tinggal naik bus selama 2,5 jam menuju lokasi.

3. Prefektur Yamagata

Onsen di prefektur ini masih alami karena langsung dari sumbernya. Jadi, terkadang suhu air bisa menjadi sangat panas untuk berendam. Namun saat musim hujan air akan terasa hangat.

Beberapa penginapan terletak jauh dari pedesaan di Yamagata. Jadi, wisatawan yang akan menginap disana biasanya membawa perbekalan yang cukup yang tidak bisa disediakan penginapan.

Beberapa onsen juga tutup saat musim dingin karena curah salju yang sangat tinggi. Untuk itu, wisatawan diminta untuk mencari tahu terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Leave a Reply

  • (not be published)