Sumber Foto: Komisi Pemilihan Umum

KALIMANTAN BARAT – Pilkada serentak Kalimantan Barat akan berlangsung di 7 kabupaten kota di tahun 2020 ini. Anggaran sebesar Rp261 miliar siap digelontorkan untuk melaksanakan perhelatan memilih wakil rakyat yang paling pantas memimpin wilayah itu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat, Ramdan dalam Rakor Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Hotel Aston, Pontianak, Minggu (19/7) kemarin mengatakan bahwa anggaran Pilkada di Kalimantan Barat berasal dari Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPDH) di tujuh kabupaten senilai Rp235 M. Pemerintah pusat sendiri memberikan dukungan sebesar Rp26 miliar untuk pencegahan Covid-19.

“Dari tujuh daerah, NPHD Sambas yang belum 100 persen, dan akan dilengkapi Senin depan,” ujarnya seperti dirilis dari Katalistiwa.id.

Ia melanjutkan bahwa, Pilkada serentak di Kalimantan Barat pada Desember 2020 mendatang akan diikuti oleh 1.845.875 pemilih dari tujuh daerah, dengan jumlah Tempat Pemilihan Suara (TPS) mencapai 6.218 titik.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Kalimantan Barat, Ruhermansyah menjelaskan bahwa karena pandemi corona (Covid-19), pilkada serentak 2020 nanti diprediksi masuk dalam kategori rawan sedang. Hal tersebut akan mempengaruhi sektor partisipan, independensi dan infrastruktur di beberapa kabupaten.

“Alhamdulilah sekarang Covid-19 Kalbar sudah zona hijau, dan persiapan untuk Pilkada dari sisi keamanan kesehatan sudah disediakan,” pungkasnya.

Leave a Reply

  • (not be published)