Makanan yang umum disajikan saat Anda makan di restoran tradisional di Korea Selatan (Foto: Elitha Evinora Tarigan/ THE EDITOR)

Makanan yang umum disajikan saat Anda makan di restoran tradisional di Korea Selatan (Foto: Elitha Evinora Tarigan/ THE EDITOR)

KOREA SELATAN – Banyak orang yang sangat suka memasak makanan Korea namun tidak tahu apa saja bumbu utama yang harus disediakan di dapur. Ternyata bumbu-bumbu ini tidak hanya bisa dipakai untuk makanan Korea saja, makanan lain juga bisa dipakai dari bumbu-bumbu yang akan Anda beli nantinya.

Untuk itu, The Editor merangkum 11 bumbu dapur yang harus dimiliki bila Anda adalah penggemar makanan Korea. Apa saja itu?

1. Soy Sauce

Saat berada di super market, Anda pasti menemukan puluhan jenis soy sauce yang kadang-kadang membuat bingung mau memilih yang mana. Enak tidaknya makanan Korea yang akan disajikan di atas meja tidak tergantung pada merek. Cukup sediakan soy sauce biasa maka semua akan baik-baik saja.

Umumnya bagi orang Korea terdapat tiga macam soy sauce, pertama disebut Yanjo Ganjang (soy sauce reguler). Soy sauce ini paling sering dipakai oleh orang Korea, terutama untuk sup. Bila Anda terlalu pusing dengan pilihan soy sauce saat berada di supermarket maka pilihlah botal dengan tulisan Yanjo Ganjang. Dan pilihan Anda sudah tepat.

Soy sauce kedua bernama Guk Ganjang yang juga dipakai untuk sup. Bedanya dengan Yanjo Ganjang adalah di hasil akhir dan warnanya saat dicampur dengan air. Guk Ganjang lebih transparan jadi saat diaduk dalam sup bening tidak membuat warna dan teksturnya berubah banyak. Namun untuk makanan rumahan Guk Ganjang tidak begitu direkomendasikan.

Soy sauce ketiga adalah Jin Ganjang namun tidak terlalu direkomendasikan karena rasanya sama saja dengan Yanjo Ganjang.

2. Saus Ikan

Banyak yang tidak begitu suka dengan saus ikan karena baunya yang tidak ramah di hidung. Tapi bila memang benar-benar suka dengan makanan Korea hal tersebut tidak masalah bukan? Maka belilah saus ikan produksi Korea.

Thailand juga memproduksi saus ikan namun dengan rasa yang lebih asin. Namun banyak orang Korea yang membeli saus ikan produksi Thailand tersebut karena rasanya yang kuat.

3. Wine Untuk Memasak

Wine jenis ini umumnya lebih manis rasanya karena dipakai untuk makanan. Wine berwarna kuning bening ini memiliki kadar alkohol sebesar 14 persen. Bila Anda memasak untuk anak-anak maka penggunaan wine ini tidak begitu direkomendasikan.

4. Chicken Stock

Masih bumbu yang disimpan di dalam botol, chicken stock dipakai untuk mempermudah segala masakan yang berbau Korea. Misalnya pasta Korea.

5. Oyster Sauce

Saus ini sangat penting dalam pembuatan makanan Korea. Tidak masalah merek apa yang Anda pakai karena Oyster Sauce yang tengah diskon besar-besaran memiliki rasa yang sama dengan yang tidak diskon. Namun oyster sauce yang memiliki cita rasa Umami biasanya harganya lebih tinggi karena enak. Semua tergantung selera dan kondisi kantong Anda tentunya.

6. Chili Pepper Flakes (Gochugaru)

Bumbu ini sangat penting dalam menu masakan Korea. Banyak yang coba mengganti bumbu ini dengan bumbu lain tapi dipastikan tidak akan berhasil. Inilah rahasia saus cabe asin Korea yang sering ditemukan di restoran. Masalahnya adalah di harga karena untuk 1 gram Gochugaru dibanderol sekitar Rp 67.500. Jadi ada harga ada rasa tentunya.

7. Sesame Oil

Anda bisa memakai sesame oil bermerk apapun karena rasa yang diciptakan sama.

8. Soybean Paste

Bila Anda ingin menggunakan bumbu ini maka direkomendasikan soybean paste untuk sup karena mereka yang tahu bumbu ini maka menu masakan mereka sudah pasti otentik Korea.

9. Korean Chili Paste (Gochujang)

Banyak orang bilang bumbu ini sangat penting karena memang dipakai untuk bumbu sehari-hari seperti membuat Tteobokki, Dakgalbi dan saus untuk Bimbimbab. Dua merek yang direkomendasikan adalah Sunchang dan Haechandle. Jangan beli yang disimpan dalam kotak besar karena Anda akan jarang memakainya.

10. Bawang Putih

99 persen masakan Korea memakai bawang putih. Jadi Anda direkomendasikan membeli berbagai jenis bawang putih favorit Anda untuk diolah sebagai makanan sehat di rumah.

11. Daun Perai (Dae Pa)

Batang daun perai adalah bumbu yang paling sering ditemukan di masakan Korea. Namun Anda harus tahu bahwa daun perai yang dimaksud adalah yang berbatang besar. Daun perai produksi Korea selalu disimpan dalam plastik khusus karena ukurannya yang besar. Bila Anda ingin hemat maka pilihlah daun perai berukuran besar saat berada di pasar.

Leave a Reply

  • (not be published)